Friday, March 3, 2017

Du (Peter Maffay)



In deinen Augen steht so vieles, was mir sagt:Du fuehlst genau so wie ichDu bist das Maedchen, das zu mir gehoertIch lebe nur noch fuer dich
[Chorus:]Du bist alles was ich habe auf der WeltDu bist alles was ich willDu, du allein kannst mich versteh'nDu, du darfst nie mehr von mir geh'n
Seit wir uns kennen ist mein Leben bunt und schoenUnd es ist schoen nur durch dichWas auch gescheh'n mag, ich bleibe bei dirIch lass' dich niemals im Stich
[Chorus]Du bist alles was ich habe auf der WeltDu bist alles was ich willDu, du allein kannst mich versteh'nDu, du darfst nie mehr von mir geh'n
[spoken:](Du, ich will dir etwas sagen,was ich noch zu keinem anderen Maedchen,zu keinem anderen Maedchen gesagt habe:Ich hab' dich lieb,ja, ich hab dich lieb,und ich will dich immer liebhaben.Immer, immer,nur dich)
Wo ich auch binWas ich auch tu'Ich hab' ein ZielUnd dieses Ziel bist duBist duBist du
Ich kann nicht sagen, was du fuer mich bistSag, dass ich dich, dich nie verlier'Ohne dich leben, das kann ich nicht mehrNichts kann mich trennen von dir
[Chorus]Du bist alles was ich habe auf der WeltDu bist alles was ich willDu, du allein kannst mich versteh'nDu, du darfst nie mehr von mir geh'n
Du, du allein kannst mich versteh'nDu, du darfst nie mehr von mir geh'n
[to fade]
Ulasan lagu ini : sumber http://www.dw.com

Peter Maffay adalah salah satu pemusik rock paling terkenal di Jerman. Dalam 40 tahun terakhir, lagu-lagunya 14 kali menempati tempat teratas tangga musik Jerman dan album-albumnya terjual sebanyak 40 juta keping.
Peter Maffay mempunyai banyak sisi. Ia bisa dikatakan seorang pria Rumania, seorang penyanyi Jerman atau orang Eropa yang sejak 40 tahun selalu mendapatkan tepuk tangan. Petter Maffay meninggalkan kampung halamannya di Rumania ketika berusia 14 tahun dan ia menemukan kampung halaman baru di Jerman.
Lingkungan Multi Budaya
Maffay mengaku, keluarganya diterima warga Jerman dengan tangan terbuka di tahun 1963. Menurutnya, keadaan saat itu berbeda dengan sekarang, dimana banyak orang asing kadang diperlakukan dengan berbeda. "Masyarakat Jerman saat itu mempunyai sikap terbuka terhadap para pendatang," ujar Maffay.
Ibu Maffay berasal dari Jerman dan ayahnya campuran Jerman-Hungaria. Maffay sendiri dilahirkan di kota Brasov, di Rumania. Ia tumbuh besar di sebuah lingkungan multikultural, di wilayah Rumania Tengah. Di daerah ini, orang Rumania, Hungaria dan Jerman hidup berdampingan dan berbicara tiga bahasa.
Musik Bukan Hal Baru
Sejak masa kanak-kanak, Maffay sudah mulai bermain musik, awalnya ia melajar bermain biola. Ketika berusia 19 tahun, ia membentuk band pertamanya di Jerman: "The Dukes". Tiga tahun setelahnya, tahun 1969, single pertamanya yang berjudul "Du" muncul di pasaran. Dengan lagu ini Maffay menjadi terkenal. Tetapi kesuksesan sesungguhnya baru muncul setelah Maffay mengubah gaya musiknya - dari pop menjadi rock.
"Semuanya berubah," ketika ia merilis album "Steppenwolf" di tahun 80an, cerita Maffay. Dengan rekor penjualan album yang mencapai 1,6 juta keping, Maffay menjadi bintang rock paling populer di Jerman. Lagu-lagunya menjadi hit di tangga lagu, dari "Über sieben Brücken musst du gehen" sampai "Und es war Sommer" atau "Sonne in der Nacht".
Maffay sukses besar. Ia merilis 14 album. Walaupun begitu, karir Maffay tidak berjalan semulus yang dikira. Ada masa-masa ketika ia harus menenggak dua sampai tiga botol whisky perharinya. Sejumlah persahabatan putus dan tiga pernikahan berakhir dengan perceraian. Sekarang Maffay tinggal di sebuah pertanian di Pulau Mallorca, Spanyol, bersama istri keempatnya dan anak laki-lakinya. Minuman keras hanya bagian dari masa lalu.
Dukung Berbagai Proyek Sosial
Musik akan tetap menjadi cinta terbesar Maffay. Tetapi ia juga ingin meberikan sesuatu yang lebih kepada penggemarnya. Tahun 2000 ia mendirikan Yayasan Peter Maffay, yang membantu anak-anak dan remaja dengan masalah kesehatan. Tahun 2003, Maffay juga mendirikan sebuah rumah penampungan di Spanyol, yang pertahunnya bisa menerima sekitar 300 anak yang memiliki trauma. Selain itu, si penyanyi rock ini juga menginvestasikan 2 juta Euro atau sekitar 20 milyar Rupiah untuk merestorasi sebuah gereja berbentuk benteng dan untuk membangun sebuah institusi bagi anak-anak dengan masalah trauma di kota Roades, tidak jauh dari kota kelahirannya di Rumania.
Tujuan berbagai proyek ini adalah untuk memusatkan tenaga dari berbagai bagian masyarakat yang mempunyai pikiran sama. Selain itu, Maffay juga ingin memberikan kesempatan untuk beristirahat sejenak bagi anak-anak dengan latar belakang sulit, seperti anak-anak dari keluarga susah, anak-anak yatim piatu, anak-anak yang ketergantungan narkoba atau yang dianiaya secara seksual.
Karena upayanya ini, Maffay memperoleh pernghargaan istimewa dari Presiden Rumania Traian Băsescu. Dalam perayaan 40 tahun karir Maffay di dunia musik tahun ini, Peter Maffay mendapatkan penghargaan "Echo" bagi karya-karyanya. Ini merupakan penghargaan di bidang musik paling bergengsi di Jerman..
Latar Belakang Sebagai Potensi Besar
Saran Maffay kepada orang-orang yang juga ingin bergerak di dunia musik: Latar belakang harus digunakan secara positif. Menurut Maffay, asal-usul seseorang merupakan sebuah bentuk perlindungan yang baik, misalnya rasa kekeluargaan atau solidaritas masyarakat. "Ada beberapa norma-norma di Rumania atau di Spanyol, yang masih berfungsi dengan baik, seperti contohnya keluarga dan rasa kekeluargaan," ujarnya. Jika terjadi sesuatu yang buruk, faktor-fakrot seperti ini bisa membantu kembali memberikan tenaga dan stabilitas.



No comments:

Post a Comment